Dalam Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024, asas yang dikedepankan yaitu fokus dan prioritas. Fokus berarti bahwa upaya Reformasi Birokrasi akan dilakukan secara fokus pada akar masalah tata kelola pemerintahan. Prioritas berarti setiap instansi memilih prioritas perbaikan tata kelola pemerintahan sesuai dengan karakteristik sumber daya dan tantangan yang dihadapi

Saat ini fokus Sekretariat Jenderal DPD RI adalah mengimplementasikan seluruh kebijakan yang telah disusun pada periode lima tahun reformasi birokrasi sebelumnya sampai pada level unit kerja sehingga terwujud pelayanan yang semakin inovatif dan berkualitas bagi Anggota DPD RI dan masyarakat. Dari fokus tersebut, prioritas Sekretariat Jenderal DPD RI adalah pembangunan mindset dan karakter ASN untuk mempersiapkan diri menghadapi implementasi program-program Reformasi Birokrasi tersebut demi perbaikan layanan masing-masing unit kerja. Untuk itu diperlukan keterbukaan pikiran (open-mindness) dari ASN Sekretariat Jenderal DPD RI terhadap angin perubahan yang akan diterapkan di Sekretariat Jenderal DPD RI.

Namun, perubahan yang berusaha diwujudkan tersebut tidak akan terwujud apabila tidak terdapat rasa memiliki dan keinginan untuk mengubah mindset dari masing-masing individu ASN. Kesadaran bahwa untuk memberikan pelayanan yang terbaik adalah dengan memperbaiki diri menjadi individu yang lebih baik dari hari ke hari, menjadi pribadi yang positif, memahami etiket bisnis dan profesionalisme, dan kesadaran untuk melayani stakeholders dengan sepenuh hati diiringi dengan integritas yaitu perasaan menyatu dengan organisasi tempat ia berada.

Untuk menghasilkan ASN yang memiliki nilai-nilai tersebut di atas, Sekretariat Jenderal DPD RI perlu melakukan berbagai pendekatan secara terus menerus hingga didapatkan kondisi ASN yang ingin dicapai. Metode yang lazim dilaksanakan selama ini yaitu dengan Pendidikan dan Pelatihan. Namun, perlu disadari bahwa untuk menghasilkan ASN Profesional yang mampu memberikan pelayanan terbaik dari dirinya perlu diperlukan pendekatan yang lebih kepada motivasi. Motivasi tersebut dilakukan dengan cara mengajak untuk melihat contoh/success story Kementerian/Lembaga lain yang telah berhasil membangun karakter ASN-nya dalam program Change Management serta dengan cara memotivasi ASN mengenali potensi dirinya, meningkatkan rasa percaya diri pegawai, dan memberikan cara bagi pegawai mengaktualisasi dirinya. Dengan meningkatkan rasa percaya diri (self-esteem) dan dengan mengenali potensi diri oleh masing-masing pegawai, diharapkan ada perubahan dalam diri seorang ASN untuk mulai memberikan yang terbaik dari dirinya.

Perubahan mindset (pola pikir) dalam diri setiap pegawai bahwa dirinya adalah aset yang berharga bagi Sekretariat Jenderal DPD RI sehingga tercipta pelayanan terbaik dari ASN tersebut perlu dibangun melalui acara-acara motivasional seperti seminar, workshop, atau inhouse training. Dikarenakan pandemi Covid-19 yang telah memaksa seluruh instansi menerapkan kebijakan protokol kesehatan demi mengurangi penyebaran Covid-19 dan karena kebijakan bekerja bergantian di kantor (WFO) dan working from home (WFH), seminar yang di tahun-tahun sebelumnya dilakukan dengan metode bincang tatap muka, kali ini harus dilakukan dalam metode seminar online (webinar).    

Penyelenggaraan event Webinar Bincang Transformasi Series #1 dengan tema Growth Mindset, Kunci Keluwesan dalam Menghadapi Perubahan” ini telah sukses diselenggarakan pada tanggal 8 Desember 2020 Pukul 10.00 s.d. 13.00 WIB melalui aplikasi Zoom. Dengan mengundang seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Setjen DPD RI, baik pusat dan daerah, acara ini juga sifatnya terbuka untuk masyarakat umum dengan disiarkan secara live streaming melalui Youtube. Alasan tema tersebut dipilih karena inti transformasi itu sendiri adalah ASN Sekretariat Jenderal DPD RI. Jadi topik yang diangkat dalam Bincang Transformasi adalah berfokus pada diri ASN itu sendiri. Sekretariat Jenderal DPD RI dalam beberapa tahun mendatang diharapkan memiliki ASN yang pandai mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai karya dan inovasi dan terbuka terhadap segala perubahan yang akan datang. Rutinitas pekerjaan yang monoton dan terus berulang hanya akan mematikan potensi diri. ASN Setjen DPD RI perlu dibangkitkan terus semangatnya agar tidak terjebak dalam zona nyaman rutinitas pekerjaannya. Rutinitas pekerjaan ini akan membuat pegawai/unit kerja menjadi kurang inovatif. Kurangnya inovasi itu sendiri akan berakibat pada pelayanan terhadap pengguna layanan. Sehingga tidak sesuai dengan tujuan besar grand design Reformasi Birokrasi.

Webinar dibuka oleh Deputi Bidang Persidangan, Ir. Sefti Ramsiaty, M.M dan Keynote Speech oleh Plt. Sekretaris Jenderal, Adam Bachtiar, S.H., M.H. Sedangkan narasumber webinar ini adalah Dr. Dini Kusumawati, S.E., M.E, Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI dan Ratih Ibrahim, M.M. Psikolog, CEO dan Founder Personal Growth.

Dalam welcoming speech-nya,