Penyusunan Pola Karier ASN Sekretariat Jenderal DPD RI

Pengangkatan ASN dalam suatu jabatan dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalisme sesuai dengan kompetensi, prestasi kerja, dan jenjang pangkat yang ditetapkan untuk jabatan itu serta syarat objektif lainnya tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, ras, atau golongan. Pengangkatan dalam jabatan dimaksudkan untuk pengembangan karier ASN yang menunjukkan adanya peningkatan jenjang jabatan dalam suatu organisasi sesuai dengan alur karier yang telah ditetapkan. Dalam rangka memberikan kepastian arah pengembangan karier ASN perlu adanya pola karier di lingkungan Sekretariat Jenderal DPD RI yang rnerupakan pola pembinaan ASN yang menggambarkan alur pengembangan karier dan menunjukkan keterkaitan dan keserasian antara unsur-unsur karier.

Tidak adanya pola karier yang jelas mengakibatkan rendahnya kinerja birokrasi (PNS) mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan publik. Pengembangan karier melalui pola karir yang baik dapat mendorong pegawai untuk bertumbuh dan berkembang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki secara profesional. Dalam hal ini, pegawai akan termotivasi untuk berkinerja dengan baik yang akan memberikan efek bagi peningkatan kinerja instansi. Pola karier dijadikan pedoman atau acuan dalam pengangkatan ke dalam jabatan mengacu pada standar kompetensi yang dimiliki, sehingga proses pemindahan, promosi, mutasi maupun demosi PNS dilakukan lebih tertata dengan baik.

Sekretariat Jenderal DPD RI juga sedang berproses menuju penyusunan pola karier ASN di Sekretariat Jenderal DPD RI. Penyusunan pola karier ASN Sekretariat Jenderal DPD RI masih terus berproses karena harus disesuaikan dengan perubahan keorganisasian yang lain seiring dengan diundangkannya Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2017 tentang Sekretariat Jenderal DPD RI, Peraturan Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Nomor  6 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, dan Peraturan Sekretaris Jenderal DPD RI Nomor 08 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun  2017 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Sebagai salah satu tahap rangkaian penyusunan pola karier ASN Sekretariat Jenderal DPD RI, saat ini Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia sedang melakukan penyusunan e-formasi dan penyusunan standar kompetensi, serta assesment, untuk dijadikan bahan penyusunan talent pool di lingkungan Sekretariat Jenderal DPD RI.